15 Apr 2020

VIDEO CONFERENCE Bersama Direktur Wilayah II BKPM Republik Indonesia

Dalam rangka capaian realisasi investasi triwulan I tahun 2020 Provinsi Kalimantan Tengah,  maka Direktur Wilayah II pada BKPM RI mengundang pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Tengah melalui video conference (vidcon) untuk membahas potensi dan peluang investasi di Kalimantan Tengah, pada hari Senin tanggal 13 April 2020. Dari Direktorat Wilayah II dipimpin oleh Direktur Wilayah II beserta tim dari Subdit 3, sementara dari Kalimantan Tengah dipimpin Oleh Kepala DPMPTSP Provinsi Kalimantan Tengah didampingi tim.

Direktur Wilayah II menyampaikan bahwa target realisasi investasi nasional pada periode triwulan I tahun 2020 ditargetkan sebesar 204,2 Triliun Rupiah, dimana untuk Provinsi Kalimantan Tengah sendiri pada triwulan I tahun 2020 mendapatkan target realisasi investasi sebesar 2 Triliun Rupiah.

Selanjutnya, melalui kesempatan vidcon ini Direktur Wilayah II menyampaikan bahwa data berdasarkan LKPM Online sampai dengan tanggal 9 April 2020, baik PMA maupun PMDN untuk Provinsi Kalimantan Tengah capaian realisasi investasi yang masuk sebesar 1,15 Triliun Rupiah atau sudah mencapai 57,55 % dari target untuk periode triwulan I tahun 2020.

Direktur Wilayah II meminta bantuan kepada DPMPTSP Provinsi Kalteng untuk mengingatkan perusahaan-perusahaan yang telah difasilitasi BKPM permasalahannya untuk dapat menyampaikan LKPM, perusahaan tersebut berlokasi di Kabupaten Murung Raya serta di Kabupaten Katingan.

Terkait potensi investasi di Provinsi Kalimantan Tengah, menurut Kepala DPMPTSP Provinsi Kalimantan Tengah ada beberapa proyek yang berpotensial menambah nilai potensi investasi  diantaranya sebagai berikut:

1.    Potensi Investasi di Kabupaten Pulang Pisau berasal dari perusahaan PMA dengan rencana investasi sebesar US$ 1,9 Miliar investasi tersebut rencananya akan direalisasikan secara bertahap selama 5 tahun.

2.    Potensi Investasi di Kabupaten Kapuas berasal dari perusahaan PMDN dengan rencana investasi sekitar 2,6 Triliun Rupiah.

3.    Potensi Investasi di Kabupaten Katingan  juga berasal dari perusahaan PMDN dengan rencana investasi sekitar  1 Triliun Rupiah.

 

Pada kesempatan Vidcon tersebut disampaikan pula kendala penyerapan penggunaan Anggaran APBN dimana dalam hal ini DPMPTSP Provinsi Kalimantan Tengah masih menunggu hasil revisi Anggaran terkait adanya wabah covid-19 dari BKPM RI. 

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula.